Thursday, January 27, 2011

Sejarah Tequila 2


Sejarah Tequila 2

Jalisco
Tequila diproduksi sebagian besar di negara bagian barat Meksiko Jalisco, tepat sebagian besar dibuat di atau dekat Tequila, sebuah kota kecil sekitar 40 mil (65 km) sebelah barat ibukota, Guadalajara, pada Hwy 15. Wilayah tequila besar lainnya, yang disebut Los Altos, atau Highlands, sedikit lebih jauh, sekitar 135 km (84 mil) ke timur laut.
Jalisco adalah 31.210 mil persegi, atau 4,1% dari total luas Meksiko. Its perbatasan sentuh tujuh negara bagian Meksiko lainnya. Ada 124 kotamadya (kabupaten atau pemerintah daerah) di Jalisco.
Sebagai minuman suling pertama di Amerika Utara, dan pertama alkohol secara komersial diproduksi, sejarah tequila adalah panjang dan kaya. Akarnya mencapai kembali ke dalam masa pra-Hispanik ketika pribumi fermentasi getah dari tanaman maguey lokal ke minuman bir seperti pulque disebut juga terbuat dari agave.
Orang kadang-kadang berbicara tentang sejarah tequila's 400-tahun. Ini agak menyesatkan. Sebelum pengenalan di atas tanah, oven uap panas, produk tersebut benar-benar mezcal. Sejarah Tequila harus tanggal dari akhir abad 19 ketika mereka oven mulai dipakai. Tapi tak ada yang dapat menyangkal keturunan mezcal bahwa tequila's berjalan lebih jauh ke belakang, bahwa itu adalah jejak silsilah Tequila.

Sejarah perkembangan tequila dari minuman tradisional ke modern sangat terkait, sering bergolak kacau di Meksikonya sendiri dan juga sangat sukar dan rumit untuk orang luar. Ada ikatan keluarga yang menenun melalui industri, perkelahian internecine dan percekcokan yang telah menyebabkan memisahkan diri anggota keluarga mendirikan perusahaan mereka sendiri dalam kompetisi dengan seluruh keluarga. Ada keluarga tua dengan generasi akar di Jalisco, dan upstarts yang datang untuk menantang mereka dalam beberapa dekade terakhir. Ada orang yang bergairah tentang produk mereka dan berapi-api tentang kualitas dengan hal kecil untuk uang, dan lain-lain yang hanya tampak untuk melakukannya sebagai sebuah bisnis.
Anggur Mezcal - tequila's nenek - pertama kali diproduksi hanya beberapa dekade setelah penaklukan yang membawa Spanyol ke Dunia Baru di 1521. Tidak seorang pun pernah datang dengan tanggal pastinya, tapi kemungkinan sekitar 1535. Itu bervariasi disebut brendi mezcal, anggur agave, tequila mezcal dan akhirnya, setelah beberapa abad, satu varietas hanyalah disebut tequila - tepat dinamai Tequila, sebuah kota kecil di sebelah barat lembah Guadalajara, di negara bagian Jalisco, Meksiko.
Tequila kata itu sendiri adalah sebuah misteri. Hal ini dikatakan istilah Nahuatl kuno. Para Nahuatl adalah orang-orang asli yang tinggal di daerah tersebut. Kata itu berarti berarti (tergantung pada otoritas) "tempat panen tanaman," "tempat tumbuh-tumbuhan liar," "tempat di mana mereka dipotong," "tempat kerja" atau bahkan "tempat trik." Menurut Jose Maria Muria, tequila datang membentuk tequitl Nahuatl kata (pekerjaan, tugas, pekerjaan atau tugas) dan tlan (tempat).
Sumber-sumber lain mengatakan itu berarti "batu yang memotong," referensi paling mungkin ke obsidian vulkanik yang umum di daerah tersebut. Obsidian adalah penting bagi pribumi dalam membuat mata panah, kapak, memotong dan menggores alat. Ini tandu berbagai bidang dan bahkan telah dimasukkan ke dalam trotoar di kota.
Tequila Cascahuin mengatakan kata adalah korupsi dari "tetilla" karena gunung berapi kecil tampak seperti payudara wanita (agak meragukan jika Anda pernah melihat gunung berapi).
Sumber-sumber lain mengatakan itu adalah korupsi dari nama asli - Ticuilas atau Tiquilos. Semuanya cocok. Ini adalah nama dari semangat, nama kota dan nama lembah.
Maguey adalah nama lain dari tanaman agave (tequila) yang disuling bukan istilah asli, tapi nama itu diimpor dari Antilles (referensi pertama untuk pabrik tersebut dalam sebuah buku oleh Peter Martyr dari 1533). Agave ini disebutkan sebagai makanan dari Aztec dan pribumi dalam Codex Florentine dari 1580.
Para Nahuatl disebut METL tanaman atau mexcametl - dari mana kata mezcal berasal. Bagi mereka itu adalah tanaman ilahi, disembah sebagai representasi duniawi dari dewi Mayaheul, yang telah 400 payudara untuk memberi makan 400 anak-anaknya, yang Totchtin Centzon.
Menurut Wikipedia, lain Nahuatl kata yang digunakan dalam bahasa Spanyol atau bahasa Inggris meliputi:
achiote, aguacate, ajolote, amate, atole, axolotl, ayate, cacahuate, camote, capulín, chapopote, chayote, chicle, chile, chipotle, chocolate, cuate, comal, copal, coyote, ejote, elote, epazote, escuincle, guacamole, guajolote, huipil, huitlacoche, hule, jícama, jícara, jitomate, malacate, mecate, metate, metlapil, mezcal, mezquite, milpa, mitote, molcajete, mole, nopal, ocelote, ocote, olote, paliacate, papalote, pepenar, petate, peyote, pinole, popote, pozole, quetzal, tamal, tianguis, tlacuache, tomate, zacate, zapote, zopilote.
Masyarakat adat lain punya nama berbeda untuk tanaman: itu carnaba atau tocamba ke Purepecha, guada ke Otomi.
Pabrik agave memainkan peran yang lebih besar dari sekedar sumber minuman beralkohol. Daunnya dipanen untuk serat rami-seperti yang digunakan untuk alas, tali pakaian, dan kertas. Itu juga sumber gizi dan minuman kaya vitamin, pulque. Tanaman ini tepat digambarkan sebagai "el arbol de las maravillas" - pohon keajaiban - 1596 dalam sejarah bangsa Indian Amerika Tengah.
Pabrik agave telah menjadi bagian dari budaya manusia hampir sejak benua itu pertama terjajah dan masih digunakan untuk seratnya. Manusia tetap datang kembali di LEA t9, 000 tahun (beberapa ethnobotanists mengatakan 11.000) menunjukkan penggunaan awal Agave untuk makanan dan serat. Tidak tetap merekam ketika manusia belajar memfermentasi getah dari jantung maguey ke minuman beralkohol, tetapi paling tidak 1.000 tahun. Dikenal sebagai pulque dalam catatan tertulis paling awal, itu sudah kuno saat conquistador Spanyol tiba. Pada 1520, mereka telah diekspor Lama ke Dunia.


No comments:

Post a Comment

Post a Comment