Thursday, January 27, 2011

Sejarah Vodka

Sejarah Vodka


Sebuah prototipe vodka diproduksi pada abad XI oleh dokter Persia Al-Razi, yang pertama untuk memisahkan etanol dengan distilasi. Cairan ini digunakan khusus untuk keperluan medis, karena Quran melarang konsumsi alkohol. Di Eropa, distillator pertama alkohol cair adalah seorang biarawan Italia, alkimiawan Valentius. Di Rusia, vodka muncul di akhir abad XIV. Pada tahun 1386 kedutaan Genoa dibawa ke Moskow vodka pertama ("vodka" - "air murni"), dan disajikan kepada Pangeran Dmitry Donskoy. Alkemis Provence disesuaikan alembic diciptakan oleh orang Arab untuk mengubah anggur harus alkohol. Quran tidak memungkinkan umat Islam untuk menggunakan alkohol, sehingga orang Arab telah menggunakan alkohol untuk pembuatan parfum. Di Eropa, dari "curriculum aqua" roh modern lahir: brandy, cognac, wiski, schnapps, dan tentu saja gelas vodka Rusia. Volatile cair yang dihasilkan dari destilasi dari fermentasi wort dipandang sebagai sebuah berkonsentrasi, "roh" dari anggur (dari "Vini spiritus" Latin), yang berasal dari nama modern untuk zat ini dalam banyak bahasa, termasuk Rusia - "roh" . Menurut legenda, sekitar 1.430 biksu russian Isidore dari biara Chudov, terletak di wilayah Kremlin, telah menciptakan aChudov-biara-in-the-history-of-vodka-mana-russian-biksu-Isidore-menciptakan-the-resep-resep-yang-pertama-russian-vodka untuk vodka Rusia pertama. Memiliki pendidikan yang baik dan memiliki peralatan penyulingan, ia menjadi penulis minuman alkohol baru. 1533 memperkenalkan monopoli negara Rusia pada vodka produksi dan penjualan dalam "pub Tsar". Dalam minuman beralkohol Rusia, disusun atas dasar gandum (rye, gandum atau barley), alkohol, untuk waktu yang lama disebut "roti anggur" (sebagai lawan dari anggur dan anggur buah). Istilah resmi "vodka", yang ditetapkan oleh hukum, pertama kali muncul dalam Keputusan Ratu Elizabeth "Untuk telah memungkinkan Kuba untuk lalu lintas vodka", yang diterbitkan 8 Juni 1751. Kemudian istilah ini hilang selama hampir 120-140 tahun, tetapi pada pergantian abad XIX dan XX muncul lagi, sehubungan dengan pengenalan monopoli negara terhadap produksi dan perdagangan gelas vodka. Pada tahun 1789, St Petersburg kimiawan Tovy Lovits diusulkan untuk menggunakan arang untuk membersihkan minyak fusel vodka.
The Advent 40-derajat Vodka - yang Cornerstone di Sejarah Vodka. Dmitri Mendeleev's Research.

Hal ini telah menjadi mode untuk merujuk pada karya Mendeleyev, yang pada 31 Januari 1865 diusulkan tesis doktornya (menurut klasifikasi derajat Rusia tradisional ilmiah) «Pada sambungan dari alkohol dengan air», ditujukan untuk teori solusi berdasarkan air alkohol. Karya ini merupakan bagian dari penelitian tentang teori Mendeleev solusi mirip dengan pekerjaan yang dilakukan terhadap asam sulfat dan zat lainnya. Pendapat tentang wawasan dari tesis ini berbeda. Beberapa orang mengatakan, bahwa dalam tesis ini Mendeleev menyarankan bahwa kadar alkohol 40% pada vodka, seperti yang ideal dalam hal minum. Menurut informasi resmi dari «Museum Sejarah Vodka» di Moskow, Mendeleev tidak mencari kekuatan ideal vodka. Untuk membuat solusi alkohol, ia menggunakan metode pencampuran berat, sedangkan vodka biasanya (25-60%) dicampur dengan volume. «Standar» kemudian dianggap sebagai kekuatan 38,3% (yang disebut "polugar" vodka Rusia di Rusia), namun jumlah ini dibulatkan menjadi 40% untuk mempermudah perhitungan pajak atas alkohol. Menurut direktur museum (arsip) dari Mendeleev di Leningrad state Universitas, Mendeleev tidak tertarik dalam konsentrasi larutan alkohol karakteristik vodka dan tidak berusaha untuk menentukan kekuatan yang optimal vodka. Data pada berbagai konsentrasi dalam tesis diambil dari karya sebelumnya dari ahli kimia J. Inggris Gilpina. Estimasi kalori dalam vodka tidak dibuat oleh Mendeleev. Dalam karyanya Mendeleev mempelajari solusi konsentrasi yang lebih tinggi. Dia tidak menemukan adanya sifat fisik atau kimia spesifik dari solusi etanol pada konsentrasi ini dan tidak ditekankan mereka dengan cara apapun. Memang, Mendeleev tidak minum vodka, tapi lebih suka anggur kering. Ini adalah sebuah komentar tentang vodka, sebagai sumber dana bagi kas negara:
"Sungguh, apakah mungkin situasi kita begitu mengerikan, bahwa posisi kami bagi negara, kedai atau swasta begitu, bahwa kita harus melihat keselamatan rakyat dalam situasi ekonomi saat ini di dalamnya ... dan untuk mencari cara dalam vodka dan Anak konsumsi untuk meningkatkan hasil dari kondisi saat ini urusan dan pemerintah? ".

Pada tahun 1894, pemerintah Rusia telah mematenkan vodka mengandung bagian berat 40 dari etil alkohol dan karbon disaring, sebagai vodka Rusia yang disebut "Moskow Khusus". Berbagai gelas vodka saat ini disajikan di pasar tidak hanya 40 vodka%, misalnya "Kaluga khusus" - 38%, "Siberia" - 45%.

History of Vodka in XX century (some facts).

  • Pada tahun 1914, Tsar Nicholas II membawa larangan selama Perang Dunia I. Pemerintah Soviet, dimulai dengan Desember 1917 memperpanjang larangan Tsar dan Pemerintah Sementara untuk produksi dan perdagangan minuman alkohol selama Perang Dunia I. larangan dibawa turun hanya pada tahun 1924. 
  • Fragmen dari laporan I.V. Stalin pada Kongres XIV dari Partai Kommunist: "Omong-omong, dua kata untuk sumber cadangan - vodka. Ada orang yang berpikir bahwa adalah mungkin untuk membangun sosialisme di sarung tangan putih. Ini - sebuah kesalahan fatal, kawan. Jika kita tidak memiliki pinjaman, jika kita adalah kurangnya modal dan jika, selain itu, kita tidak bisa masuk ke dalam perhambaan dengan kapitalis Eropa Barat, kami tidak dapat menerima kondisi-kondisi perbudakan, yang mereka tawarkan kepada kami dan yang kami telah menolak - yang satu hal: untuk mencari sumber-sumber di daerah lain. Pokoknya ini adalah lebih baik maka perbudakan dan perbudakan. Anda harus memilih antara perbudakan dan vodka, dan orang-orang yang berpikir bahwa adalah mungkin untuk membangun sosialisme di sarung tangan putih yang brutal salah. " 
  • Arbitrase Internasional pada tahun 1982 mengenai asal usul dan sejarah vodka (dalam penyelidikan fakta dan negosiasi berlangsung selama 1977-1982) menegaskan fakta tentang kelahiran Rusia vodka, mengamankan pembentukan prioritas untuk vodka Rusia sebagai minuman beralkohol Rusia asli.

" Menurut sepengetahuan saya dan yang saya baca dari referensi yang lain "

Vodka berasal dari kata woda/voda yang dalam bahasa slavic artinya air...
kata Vodka pertama kali tercatat di tahun 1405...*minuman gw tuwir juga yak*, pada catatan itu vodka merujuk pada obat2an dan kosmetik
dalam bahasa russia tercatat juga водка хлебного вина vodka khlebnogo vina atau vodka of bread wine.
bread wine adalah hasil fermentasi dan penyulingan dari grain.
asal usul vodka belom bisa di pastikan dari mana, tapi, pada masa itu, daerah utama penghasil grain adalah daerah russia barat, belarus, lithuania dan polen...
Vodka bisa terbuat dari bahan yang berbeda - beda seperti BEET ( sejenis lobak ), molasses, gandum atau yang lebih dikenal lagi dengan kentang.
dulunya Vodka dikenal dengan  minuman yang netral tidak berwarna dan tidak memiliki rasa tapi sekarang ada juga yang mempunyai rasa, yaitu Vodka Flavoured adalah jenis Voka aromatic yang memiliki rasa yang dibuat dengan cara infused, contohnya :
  • Fruit Vodka - adalah Vodka yang di infused dengan aroma buah - buahan
  • Spice/Peppar Vodka - adalah Vodka yang di buat dengan cara di infused dengan rempah,lombok,lada,jahe atau yang lainnya yang bisa menghasilkan rasa yang pedas...!!!
Russia : sampai abad 18, orang russia belom nggunakan kata2 vodka, mereka menyebutnya bread wine, pada masa2 itu, vodka beralkohol tidak sampai 40% dan di jual di bar-bar, di sisi laen, ada vodka yang kandungan alkoholnya sampai 75% biasanya di gunakan di bidang medis.
penggunaan pertama kata2 vodka di catatan resmi adalah pada 1751, dalam document Empress Elizabeth, yang mengatur tentang kepemilikan penyulingan vodka, pada masa kekuasaan Tsar di russia, vodka menyumbang 40% pendapatan negara.
pada 1911, vodka menguasai 89% pangsa pasar minuman beralkohol di russia, dan pada abad 21, presentase vodka menurun ke angka 70%.
merek2 vodka yang asli dari russia : Stolichnaya, Eristoff, Smirnoff dan Borissov.

Ukraina :
horilka adalah sebutan orang ukraina untuk vodka, sebetulnya horilka merujuk pada minuman beralkohol yang keras, seperti whisky dkk.
pepper vodka adalah vodka yang di campur dengan buah capsicum utuh di dalam botol, membuat rasa vodka ini sedikit kecut..... kadang horilka juga di dibuat dengan campuran madu, mint bahkan susu, beberapa claim menyebutkan kalau vodka ukraine lebih kuat dan keras di banding vodka russia.....*iyak, suseh di telen...bueh*

Polland :
Wodka ato vodka di produksi di abad pertengahan, pada masa2 itu vodka di gunakan untuk keperluan medis,baru pada abad ke 16 vodka molai di produksi massal.

Pembuatan Vodka :
Penyulingan : vodka dapat dibuat dari semua tumbuhan yang kaya akan gula, molai dari grain ( jagung, gandum,sorghum, dan rye ), Kentang, Kedelai, Anggur.
diantara grain vodka, gandum dan rye adalah vodka dengan kualitas yang superior jika di bandingkan dengan yang lain. di negara2 produsen vodka, hanya vodka yang terbuat dari grain, kentang, dan umbi gula yang dapat di labeli vodka....
vodka di suling dan di saring berkali-kali, melalui arang dan medium penyaringan lainnya.
seorang still master adalah orang yang bertanggung jawab dalam penyaringan vodka, jika di lakukan dengan benar, dalam proses penyulingan "fore-shot", "head" dan "tail" akan terpisah. semakin baik proses pemisahan itu semakin murni rasa vodka yang didapat, berbeda dengan spirit lain yang melalu proses penyulingan seperti rum dan baijiu yang yang "head dan tails"nya tidak dihilangkan untuk mendapat rasa yang di inginkan.

proses penyulingan vodka juga berbeda dengan proses penyulingan whisky, jika whisky di suling untuk mendapatkan hasil alkohol yang diinginkan, vodka di suling hingga semurni mungkin sampai pada kadar ethanol 90-96%. setelah mencapai kadar alkohol itu, baru di campurkan air untuk mendapat nilai alkohol yang diinginkan, rasa vodka juga bergantung dari sumber air yang digunakan untuk mencampurnya....*ya iyalah aer dari gunung ama dari kali rasanya bakalan beda*

Pemberian rasa :
Vodka di bagi dalam 2 jenis, clear vodka dan flavored vodka, flavored vodka dapat dibedakan dari rasanya yang lebih kecut contohnya Yubileynaya (anniversary vodka) and Pertsovka (pepper vodka).
sementara vodka yang banyak kita kenal adalah clear vodka... tradisi pemberian perasa banyak di lakukan di negara2 nordic(sweden dkk) dimana vodka dibuat dengan campuran bumbu, tumbuh2an dan buah untuk minuman midsummer.
pollen membuat vodka dengan kadar 90% 190 proof dan di jual di liquor store, di pasaran jerman juga terkadang ada vodka dengan kadar 90-95% yang berasal dari jerman, hungaria, ukraina dan pollan,sementara vodka dari bulgaria bermerek Balkan 176 memiliki kadar 88%.

disadur dari wiki,dengan perubahan seperlunya.....





No comments:

Post a Comment